Sunday, February 24, 2013

Celoteh si Pejuang Skripsi


Photo by Kitty Gallanaugh


Lagi-lagi tulisan lama yang saya temukan secara random. Melihat isinya, kayaknya saya lagi ricuh banget waktu nulis ini gara-gara mau KKN. Haha. Padahal KKN “doang” -____-

*

Baru saja membaca satu entri di blog kakak angkatan saya yang lagi anget-angetnya bertitel “sarjana” dan mendadak saya jadi galau, SEGALAU-GALAUNYA. Kayaknya malam ini bakalan lebih panjang dari yang sudah-sudah. Orang-orang di dalam kepala saya ini mulai sepik kanan-kiri, atas-bawah. Ramainya bukan buatan. Saya akan mencoba menerjemahkan inti sari celotehan mereka, tapi jangan harap saya akan menuliskan semua detil. Saya belum mau menulis skripsi!

*

Saya adalah mahasiswi semester 6 yang sebentar lagi akan melaksanakan tugas mulia bernama KKN. Untuk urusan KKN-KKN-an ini, beberapa hari yang lalu saya sempat ngetik begini di akun twitter saya; “Pengen skip langsung ke bulan Agustus tanggal 16, Tuhan. Plisss.”

Kenapa tanggal 16?

Karena pada tanggal itu semua “penderitaan” saya selama 5 minggu berakhir berbarengan dengan dilambaikannya tangan pak Kades. Ya. Intinya, program KKN saya bubar tanggal segitu. Dan saya bisa pulang kampung, berlebaran, BEBAS.

Dipikir-pikir, ini baru soal KKN ya? Belum ribet sana-sini nyari kerjaan. Saya kok sudah rempong bak disuruh transmigrasi ke Jayawijaya.

Rampung membaca postingan kakak angkatan saya itu, lantas saya pun melongo. 

Ada orang teriak begini di sela-sela sel abu-abu saya.

“Hoy, Ris! Endapkan itu yang baru saja kamu baca. PIKIR. Kamu itu sudah “berumur”. Sudah bukan jaman-jamannya lagi aktif di jejaring sosial dan banyak-banyakan nambah daftar teman. Lihatlah, berapa banyak itu temanmu yang sudah punya suami atau bahkan sudah mulai sibuk mendaftarkan anaknya ke bangku TK. Kamu pikir kamu masih bisa leha-leha dan bilang, “AH, lulus masih lamaaaaa”? Kamu pikir, mencari kerja setelah lulus itu mudah? Gampang? Langsung dapat? Jangan kamu pikir gara-gara kamu pandai dalam beberapa hal, lantas mencari kerja pun langsung bisa di-judge “jauh dari sulit”. Masih ada langit di atas langit, Ris. Ingat. Dan kalaupun kamu masih bisa dengan sangat santai dan PD untuk berpikir bahwa nyari kerja itu segampang mancing di akuarium (mengingat kamu itu datang dari jurusan APA), hem, makanlah itu bangku coklat, Ris. Dan teruslah bermimpi.”

Orang ini memang kurang ajar bukan main. SANGAT kurang ajar. Tapi di beberapa hal, entahlah, saya kok setuju dengan ucapannya.

Saya ini memang bukan remaja lagi. Kepala saya sudah dua. Labil mungkin masih, masuk kategori “muda” juga mungkin iya, tapi untuk masih punya pola pikir “Ayo nyantailah. Let it flow. Liat aja nanti kerja apa” itu kok rasanya agak riskan ya? Kowe ki semester piro je?

Mau gimana juga waktu itu jalan, Bung. Nggak stuck di tempat aja dan nungguin kita besok dapet kerja apa. Mimpi boleh, tapi usaha juga diperluin.

Bener emang kalau ada orang yang bilang “Makin kamu gede, makin sedikit hal yang bisa bikin kamu senyum.” Karena ketika kita udah mulai bisa mikir, nggak bakal lagi kita percaya mitos kalau Doraemon itu punya alat yang bisa bikin kita diterima ngelamar kerja dimana aja. Nobita yang punya Doraemon aja nggak lulus-lulus SD. Padahal dia kakak angkatan saya loh!

*

Tulisan di atas waktu saya temuin siang ini ternyata masih draft. Itu artinya saya belum selesai nulis dan lalu lupa nggak dilanjutin lagi. Sekarang saya sudah semester 8. Setengah tahun lewat dan lembar-lembar elektronik berisi keluh kesah saya tentang kerjaan ini baru saja saya temukan. Andaikan tulisan ini batu, mungkin dia sudah lumutan saya cuekin.

Saya mulai nulis skripsi sejak semester 7. Dan sampai sekarang baru jalan Bab 2. Salah saya sendiri sih. Kenapa baru niat ngerjain awal tahun ini. Yang lain udah merdeka sejak tahun ’45, saya baru angkat senjata 2013. Ya, wassalam.

Nggak nyangka aja saya akhirnya menghadapi masa-masa “krusial” ini juga. Padahal rasanya baru kemarin nangis karena keterima di universitas dan bersemangat bangun pagi ikut PPSMB. Time sure flies.

Dilihat lagi KKN itu sebenernya gampang dan simpel kok. Lha wong nggak ada yang perlu dikhawatirin. Cuma gitu-gitu aja. Berangkat, interaksi sama orang-orang baru, ngerjain program, trus udah, pulang. Simpel.

KKN itu ujian saya di semester 6. Skripsi ini adalah ujian baru saya.

Apakah beberapa tahun lagi, ketika sudah mendapat gelar sarjana dan bekerja, saya juga akan menganggap “skripsi” sebagai hal yang sama simpelnya seperti “KKN”? Yaah, apa-apa kalau udah dilewatin emang enak sih. Kelihatan gampang. Padahal prosesnya belum tentu.

Kakak angkatan yang saya ceritain di awal tadi sekarang sudah dapat pekerjaan. Syukurlah. Baca pengalaman dia nyari kerja rasanya ikut capek. Makanya waktu tahu dia akhirnya sukses diterima saya jadi ikut senang. Padahal kenal orangnya aja enggak.

Beberapa teman saya kemarin sudah diwisuda. Pakai baju kebaya cantik-cantik dan semuanya pakai selendang bertuliskan “cum laude”. Senang liatnya. Tapi juga miris di diri sendiri. Beberapa kali saya berasumsi bahwa alasan mengapa saya kok nggak cepet-cepet move on dari Bab 1 itu gara-gara dosen pembimbing. Tapi diliat kesini lagi, ini memang murni salah saya. Menghibahkan tuduhan pada DPS itu cuma akal-akalan saya aja biar nggak ngerasa terlalu bersalah gara-gara saking malesnya. Ck, mahasiswa macam apa ini.

Semakin kesini, kalau ngobrol sama temen, semakin banyak omongan berbau tentang masa depan. Mau kerja di mana besok? Ngelanjutin S2? Atau nikah?

Masa depan saya masih gelap gulita. Pernah sih beberapa kali mikir sambil nyekripsi tentang pekerjaan apa yang mau saya ambil setelah ini. Tapi ujung-ujungnya mentok. Yang bikin tambah stress, keluarga besar meletakkan harapan yang begitu besar di pundak saya. Mereka pikir, “Alah, anak UGM kalau lulus pasti langsung kerja. Kalau pinter kan ntar malah dicariin. Bukan nyari.” Semua saudara saya yang kuliah di sini emang ujung-ujungnya sukses. Lha ya jelas sih. Orang mas sepupu saya anak teknik, trus si Om double degree. Lha saya? Anak Sastra yang gini-gini aja. Mau kerja apa?

Coba orang-orang nggak langsung asal menyamaratakan semua jurusan. Mana menang lah saya dibandingin mas sepupu saya tadi. Dia kan dari jurusan favorit. Pinter. Ganteng lagi. #lah

Pingin sih mikir kalau waktu saya masih banyak. Saya masih muda. Masih bisa menikmati waktu dan ke-masa muda-an saya yang nggak bakal datang dua kali. Tapi secuek apa pun saya berusaha mikir demikian, beban itu tentu ada. Bayangan orang tua yang makin hari makin tua bikin saya urung buat foya-foya sana-sini.

Berprinsip “Let it flow~ Liat aja nanti” itu memang benar riskan adanya. Planning tetap dibutuhin. Sesederhana apa pun. Sayangnya yang saya punya cenderung masuk ke tipe “nggak mungkin banget diwujudkan sampai lebaran monyet”.

Hidup itu nggak simpel, ye? Catet tuh di jidat.

Pantesan aja temen-temen yang udah kerja pada antipati sama anak-anak kuliahan yang bisanya sombong tapi pake duit ortu. Nyari duit itu susah, nyet.

Pertanyaan yang sama pun kembali lagi kayak dulu pas jaman-jaman milih jurusan.

Mau kerja yang sesuai passion atau yang ngehasilin duit banyak?

Kalau dapet dua-duanya sih syukur ya. Semoga semesta mengamini. Amin.

Buat yang masih luntang-lantung kayak saya ini sih yang penting dapet satu aja udah sujud-sujud.

Ah, mengapa aku tampak begitu desperate... *nangis*

Dan semester 8 ini pun mengajarkan saya bahwa urusan “pacar” dan “gebetan” itu kecil sekali nilainya dibanding perkara yang lain. Remeh. Jodoh udah ada yang ngurusin, masalah beberapa tahun kedepan saya makan dari duit siapa itu yang sekarang bikin pusing.

*

Ngomong-ngomong saya lagi nonton dorama Jepang judulnya “Rich Man, Poor Woman”. Isinya menohok banget. Yang cewek dari University of Tokyo tapi nggak dapet-dapet kerja, yang cowok nggak lulus SMP tapi jadi bos. Ah, memang yang namanya niat dan usaha adalah salah satu senjata ampuh menuju kesuksesan.

Asik kali ya besok kalo udah kerja gitu terus ditaksir sama bos yang gantengnya kayak Shun Oguri-kun~~     

 (づ ̄ ³)

Ngimpi aje terooooosss!!! Ngimpiiiiii!!! (¬_¬)

*

No comments:

Post a Comment